Asal Mula Liga Serie A Italia

Asal Mula Liga Serie A ItaliaSetelah di tetapkan antara asosiasi dengan sponsor Telecom Italia, sistem Serie A menjadi dasar sepak bola profesional yang tertinggi di Italia. Pertama kali di mulai pada musim 1929-1930 dengan sistem Serie A, sampai sekarang dan sudah berjalan kurang lebih selama 80 tahun dari pertama kali memakai sistem Serie A.

Sebelum menjadi Liga Serie A liga ini dijalankan dengan Lega Calcio hingga di tahun 2010, kemudian setelah berganti organisasi yang baru maka terbentuk Lega Serie A pada musim 2010-2011. Bahkan liga Italia ini dikabarkan sebagai liga yang terbaik di seluruh dunia, dengan masa kejayaannya dari tahun 1990 hingga di tahun pertengan 2000.

Klasemen Liga Italia
Klasemen Liga Italia

Selain itu Klasemen Liga Italia  sudah banyak mengirim finalis untuk Liga Champion UEFA sejak pendahulunya, dengan meraih trofi terbanyak sepanjang sejarah Liga Champions. Beberapa klub yang bisa masuk ke dalam babak final Champions sebanyak 26 klub, dengan meraih kemenangan sebanyak 12 kali.

Pada saat ini Serie A di anggap menjadi liga terbaik ke-4 di daratan Eropa, di bawah dari Liga Utama Inggris, Bundesliga Jerman dan La Liga Spanyol.  Penilaian tersebut di hitung berdasarkan koefisien liga UEFA, dengan hasil dari penampilan klub Serie A yang tampil kompetisi Eropa seperti Liga Eropa UEFA dan Liga Champions UEFA.

Selain itu menurut IFFHS, Serie A menduduki peringkat k-5 sebagai liga terbaik yang ada di seluruh dunia. Hal itu di nyatakan pada tahun 2011.

Sementara untuk sistem pertandingan sepak bola profesional tertinggi di Italia sudah berubah, sebelumnya menggunakan sistem antarregional dan regional. Di ubah menjadi sistem bersatu, ketika musim 1929-1930. Maka klub yang telah juara sebelum musim 1929 yang telah berubah, akan tetap di akui oleh FIGC.

Pasalnya ketika sepak bola di musim 1945-1946, sistem yang digunakan dengan format 2 wilayah. Mengakibatkan banyak juara yang tidak masuk ke dalam statistik, padahal mereka di akui secara resmi. Semua itu terjadi karena pecahnya perang dunia ke-2.

Klub utama Serie ada 3 yang paling terkenal, yaitu Internazionale, AC Milan dan Juventus. Semua klub di atas adalah jajaran Elit di Italia yang membentuk G14, sehingga menjadi perwakilan dari tim-tim Elit di Eropa. Bahkan hanya Serie A yang mengirim 3 pendiri utamanya, mewakili Serie A di kompetisi daratan Eropa.

Selain itu tim AC Milan menjadi salah satu dari 2 tim yang mendapatkan gelar tingkat internasional terbanyak di seluruh dunia.

Sedangkan Juventus adalah tim paling sukses pada abad ke-20, klub dari Serie A ini menduduki peringkat ke-4 di daratan Eropa dan peringkat ke-8 di seluruh dunia. Bahkan Juventus sudah menjuarai seluruh kompetisi resmi dari UEFA, sehingga menjadi satu-satunya tim yang meraih kesuksesan ini di seluruh dunia.